polisi-gaul

Kamis, 07 Mei 2009

Polri Gelar Operasi Kriminalitas Jalanan 30 Hari

JAKARTA - Terhitung mulai 20 Januari 2009 hingga 30 hari mendatang, Kepolisian RI akan menyelenggarakan operasi yang diberi nama Operasi Kriminalitas Jalanan 2009 di seluruh wilayah Indonesia.

Kepala Bareskrim Komjen Polisi Susno Duaji menjelaskan, definisi kriminalitas jalanan adalah segala tindak kriminalitas yang terjadi di jalan raya. Menurutnya, tujuan operasi ini adalah untuk menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Jenis kejahatan bisa apa saja. Bisa perampokan, penodongan, jambret, mabuk, dan kompas. Pokoknya dengan berbagai dalih kejahatan, termasuk pencurian spion, aksesori kendaraan, dan semua bentuk pelanggaran undang-undang yang terjadi di jalan," kata dia kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (19/1/2009).

Susno mengatakan, operasi ini dilaksanakan di seluruh Polda se-Indonesia. Untuk teknis pelaksanaan, Mabes Polri telah mengumpulkan jajaran Reskrim dan Reseskrimum yang terkait, agar bisa mengumumkan kepada masyarakat.

"Ekspose hari ini adalah agar masyarakat tahu dan memberikan dukungan terhadap operasi ini," kata dia.

Dia meminta agar masyarakat bisa membantu memberikan informasi kepada polisi di masing-masing wilayah kepolisian. "Beri informasi yang benar. Apabila ada polisi yang tidak menindak lanjuti laporan tersebut, akan ditindak," janji Susno.

Operasi Kriminalitas Jalanan ini tidak mengenyampingkan operasi preman yang sudah berjalan. Operasi ini merupakan tindak lanjut dari janji Kapolri dalam hal memberikan ketenangan kepada masyarakat.

Sementara Direktorat 1 Keamanan Transnasional Bareskrim Polri Brigjen Pol Badrodin Haiti menjelaskan, ada beberapa hal tentang operasi kriminalitas jalanan yang akan dimulai esok hari.

Satu, sasaran operasi yaitu semua jenis kejahatan yang terjadi di jalanan. "Bentuknya bisa macam-macam," kata dia.

Selain itu, bentuk penegakan hukum. Ketiga, frekuensi kejahatan di masing-masing daerah tidak sama. "Jadi, semua kita serahkan masing-masing kepada satuan wilayah, apakah dengan operasi khusus hasilnya bisa melebihi hasil dari kegiatan operasi preman,"
posted by polisi ngeblog by sumedang at 18.23

0 Comments:

Posting Komentar

tulis disini supaya aku tau anda percuma nengok bikin pantun boleh tulis di sini

<< Home